• November 4, 2022

Pentingnya Mengenal Manajemen Bisnis Untuk Keberlangsungan Bisnis

Menajemen merupakan sebuah proses Joker123 yang akan membantu kita dalam mengatur hal yang akan dilakukan baik untuk diri kita sendiri atau pun untuk sebuah kelompok atau organisasi yang memiliki tujuan untuk dicapai. Sebuah perusahaan baik sudah maju atau baru berkembang, sama-sama membutuhkan manajemen yang baik untuk mengatur perkembangan dari organisasi mereka.

Untuk itu penting di dalam sebuah bisnis menerapkan fungsi dari manajemen agar dijadikan acuan dalam melaksajakan tugas untuk mencapai tujuan. Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa fungsi utama dalam manajemen untuk membantu keberlangsungan bisnis Anda.

Fungsi Utama Manajemen dalam Bisnis

1. Planning

Dalam sebuah bisnis hal yang paling penting adalah adanya perencanaan. Agar dapat menghasilkan yang terbaik, tentunya sebuah bisnis memerlukan perencanaan yang matang. Perencanaan ini meliputi baik yang sudah dilakukan atau pun yang baru akan dilakukan. Saat melakukan perencanaan, dibutuhkan seseorang yang mengatur rencana itu untuk dapat mencari alternatif dalam mencapai suatu tujuan dengan jangka pendek atau jangka panjang. Jika tidak merencanakan planning, maka bisnis tersebut kemungkinan akan tidak optimal dan berdampak pada kebangkrutan.

2. Organizing

Di dalam sebuah organisasi, perlu untuk membagi kegiatan sesuai dengan bagiannya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk dapat mempermudah seorang manajer dalam melakukan pengawasan dan ini lebih efektif dan optimal dalam menentukan mana sumber daya yang dibutuhkan di dalam setiap kegiatan, sehingga lebih efisien. Dengan demikian, maka tujuan dari  bisnis pun akan lebih terstruktur.

3. Staffing

Staffing memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dari organizing, dimana penempatan ini lebih terfokus kepada setiap sumber daya dari secara umum. Sumber daya disini ada perlengkapan, peralatan, dan inventaris yang ada di dalam sebuah organisasi. Artinya ini lebih terfokus kepada sumber daya manusia.

4. Directing

Dalam bisnis, fungsi manajemen menjadi suatu tindakan yang dilakukan agar setiap anggota yang terdapat di dalam sebuah bisnis atau kelompok ini dapat saling membantu untuk mencapai target yang sudah ditentukan. Akan ada manajer yang membantu untuk mengarahkan dan menentukan bagian-bagian yang dilakukan setiap divisi. Arahan yang diberikan oleh manajer ini jika terjadi masalah dari hasil atau pun hal yang tengah dikerjakan, maka ia akan mengaturnya untuk kembali ke jalan yang semula. Hal ini karena tidak semua yang direncanakan di awal dapat tercapai, sebab itu dibutuhkan fungsi manajemen di dalam sebuah bisnis. Dengan adanya directing, semua yang direncanakan dapat kembali ke jalan yang benar.

5.  Controlling

Terakhir yang akan kami bahas adalah adanya controlling, di mana dalam sebuah bisnis perlu adanya controlling. Hal ini ditujukan agar dapat menjadi evaluasi menyeluruh pada kinerja dari sumber daya perusahaan. Seorang manajer yang aktif dapat diharapkan untuk melakukan controlling pada sumber daya yang ada di dalam organisasi tersebut untuk memastikan apakah yang dilakukan sudah sesuai dengan apa yang direncanakan. Jika di dalam pengerjaan tugas terjadi kesalahan, maka ada baiknya untuk dikoreksi sehingga bisa dijadikan pembelajaran pada rencana di tahapan berikutnya. Hal ini karena bisnis yang baik dan optimal merupakan bisnis yang semua komponennya dapat saling bersatu untuk bekerja bersama dalam tim. Sebab itu controlling penting untuk dilakukan sehingga bisnis dapat berjalan secara optimal.

Nah, itulah beberapa fungsi utama dari manajemen dalam bisnis. Ini penting untuk dilakukan baik oleh yang bisnisnya sudah berjalan atau yang memang baru direncanakan.