• Mei 15, 2024

Metode Cermat Menempuh Financial Freedom Di Zaman Sekarang

“Financial Freedom adalah hasrat dari segala orang. Tetapi untuk mewujudkannya tidaklah gampang karena kita harus benar-benar disiplin membatasi komitmen dalam mengelola keuangan.”

Kebebasan finansial, atau financial freedom, sering menjadi bahan perbincangan karena hal ini adalah hasrat dari banyak orang. Tetapi apa sesungguhnya yang dimaksud dengan hal hal yang demikian? Pada dasarnya, financial freedom adalah sebuah keadaan di mana kita bisa mengambil beraneka keputusan (untuk pengeluaran) tanpa harus slot deposit qris 5000 mengkhawatirkan keadaan keuangan kita.

Untuk mencapai keadaan financial freedom tentunya tidak gampang, terutamanya kalau tidak diiringi dengan persiapan dan perencanaan yang matang serta gaya hidup hemat. Diperlukan komitmen serta kedisiplinan yang tinggi dalam mengelola keuangan sejak muda. Kita juga harus lebih bijak dalam mengerjakan pengeluaran.

Sayangnya, di umur produktif kita, ada banyak Keinginan dan Keperluan yang harus kita penuhi untuk kelangsungan hidup, dimana hal hal yang demikian juga ikut mempengaruhi kedisiplinan kita dalam mengelola keuangan.

Apa yang Bisa Kita Lakukan Supaya Lebih Disiplin Dalam Mengelola Keuangan?
Pertama, pahami keadaan keuangan kita terutamanya dahulu. Pada dasarnya, financial freedom tidak diukur dari seberapa besar penghasilan kita, namun bagaimana besaran penghasilan hal yang demikian bisa mencukupi segala keperluan dan keinginan, tanpa harus mengganggu dana simpanan yang kita miliki.

Kedua, ukur kembali keseimbangan pemasukan dan pengeluaran kita tiap hari, pekan, bulan, malah tahun. Seandainya terjadi ketidakseimbangan, karenanya harus ada yang disesuaikan antara pendapatan dengan pengeluaran. Kita juga bisa mensiasatinya dengan mencari tambahan pemasukan melalui profesi pekerja paruh waktu, membuka bisnis kecil-kecilan, atau menjadi Life Planner.

Ketiga, cobalah menilai ulang hal apa saja yang menyemangati kita untuk lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Pasalnya, disiplin tinggi bisa diawali dari semangat atau hasrat yang berkeinginan dibuat.

Setelah memahami ketiga hal hal yang demikian, kita bisa mulai mengambil langkah lainnya yang bisa menunjang kita untuk menjadi lebih disiplin dalam mengelola keuangan, seperti memiliki asuransi sebagai safety net, juga berinvestasi sebagai sarana dalam membangun kekayaan guna mencapai financial freedom di masa depan.

Bagaimana Metode untuk Menjadikan Financial Freedom itu Sendiri?
Ada sebagian sistem yang bisa dilakukan untuk menghasilkan financial freedom, seperti di bawah ini.

  1. Jabarkan Tujuan Kita
    Supaya bisa lebih gampang dalam mencapai financial freedom, ada bagusnya kalau diawali dengan mengerucutkan nilai-nilai penting berkaitan hal hal yang demikian, seperti besaran nominal yang kita inginkan di rekening bank, bagaimana menyesuaikan gaya hidup ketika ini untuk mencapai nominal hal yang demikian, dan di umur berapa hal hal yang demikian harus terwujudkan.
  2. Buat Agenda Anggaran
    Dengan membikin agenda anggaran, bagus harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan, kita bisa membenahi dan mengelola keuangan kita dengan lebih bagus. Ini juga adalah salah satu sistem terbaik untuk menilai keadaan keuangan kita. Apakah pemasukan kita sudah seimbang dengan pengeluaran atau masih perlu penyesuaian.

Untuk mempermudah perencanaan anggaran, kita bisa mencoba mengkategorisasikan tiap pengeluaran yang akan dialokasikan. Kecuali itu, penting juga untuk membedakan antara keperluan dan keinginan kita supaya keadaan keuangan tetap stabil. Keperluan adalah hal-hal yang bersifat mendesak yang kita butuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, keinginan adalah hal subjektif yang berkaitan dengan selera kita dan pemenuhannya bisa kita tunda di lain waktu. Letakkan pengeluaran yang berkaitan dengan keperluan di posisi paling atas skala prioritas kita untuk menghindari pengeluaran yang kurang berkhasiat dan bisa merugikan kita di kemudian hari.