• Maret 30, 2024

Mengetahui Pesona Mesjid Kubah Emas di Depok

Pada bulan suci Ramadan umat muslim sungguh-sungguh direkomendasikan untuk mengumpulkan amalan bagus termasuk beribadah sunah. Salah satu kesibukan yang dapat dikerjakan pada bulan Ramadan ialah merasakan tamasya religi ke mesjid terutamanya mesjid dengan desain luar biasa.

Mengunjungi mesjid yang megah tak cuma memperhatikan estetika arsitektur yang memikat melainkan juga untuk beribadah. Umumnya mesjid besar tak jarang menggelar acara keagamaan yang dapat dikerjakan oleh para umat Muslim.

Salah satunya, Mesjid Kubah Emas di Kota Depok yang akan menggelar iktikaf ketika bulan Ramadan selama 10 hari mulai dari hari ke-21 puasa. Saat iktikaf berlangsung, mesjid ini akan dibuka selama 24 jam.

Pengurus Mesjid Kubah Emas, Eko Sukarno spaceman slot pragmatic menuturkan bahwa mesjid ini akan konsisten beroperasi sesudah salat tarawih selesai dikerjakan. Kemudian terdapat acara keagamaan mulai dari pidato atau muhasabah.

Pihak pengurus mesjid juga menceritakan bahwa akan ada rencana sahur bersama yang makanannya sudah disiapkan oleh pihak mesjid. Sehingga, kesibukan ini berlangsung tak dipungut tarif dan akan terus dikerjakan sampai akhir Ramadan.

Sebagai berita, Mesjid Kubah Emas menjadi salah satu mesjid di kota Depok yang memiliki desain arsitektur megah. Mesjid ini menjadi salah satu tamasya religi yang populer di antara umat muslim.

Sejarah Mesjid Kubah Emas

Menurut berita dari sebagian sumber Mesjid Kubah Emas memiliki sejarah pembangunan mulanya di tahun 1996. Ketika itu pasangan Maimun Al Rasyid dan Dian Al Mahri membeli lahan di Kecamatan Limo, Depok.

Kerja pembangunan mesjidnya memakan waktu sekitar 7 tahun dan pembangunannya diawali pada tahun 2001. Kemudian mesjid ini sukses disahkan pada tanggal 31 Desember 2006 di peristiwa Hari Raya Idul Adha.

Ketika itu, Mesjid Kubah Emas pertama kali dipakai sebagai daerah untuk mengerjakan Salat Ied Tahun 1427 Hijriah. Mesjid ini berdiri di atas tanah berukuran 8.000 meter persegi dengan luas sempurna lahan 70 hektare.

Mesjid Kubah Emas bisa menampung sekitar 20.000 orang dan halaman depannya memiliki ukuran 45×57 meter dan dapat menampung 8.000 orang. Ketika ini, Mesjid Kubah Emas dipakai beribadah oleh warga sekitar dan menjadi tamasya religi di Depok.