• Februari 13, 2024

Mari Lebih Mengenal Digital Marketing, Yuk!

Mari Lebih Mengenal Digital Marketing, Yuk!

Digital marketing merupakan pemasaran apapun yang menggunakan bantuan alat elektronik dan biasa digunakan oleh para spesialis pemasaran untuk mempromosikan pesan kepada para pelanggan. Dalam praktikknya, digital marketing ini biasanya mengacu kepada pemasran yang muncuk di komputer, telepon, tablet, atau device lainnya. Ini bisa dalam berbagai bentuk, mulai dai video online, iklan display, marketing search engine, dan iklan berbayar.

Biasanya hal ini dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional, seperti iklan di majalah, billboard, dan pesan langsung. Anehnya, terkadang iklan di televisi dikategorikan sebagai traditional marketing.

Apakah kamu tahu, saat ini semakin banyak orang yang melakukan online dalam kehidupan sehari-hari mereka? Bukan situs judi bola hanya itu saja, tapi 43% orang di Amerika melakukan kegiatan online lebih dari sekali dalam satu hari, dan 26% lainnya melakukan online hampir setiap saat.

Angka ini bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan para pengguna dari internet seluler. 89% orang Amerika online setidaknya hampir setiap hari melakukan online, dan 31% online hampir setiap saat. Sebagai pemasar, ini penting untuk memanfaatkan dunia digital dalam membangun merek. Hal ini akan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan mendatangkan lebih banyak pelanggan potensial dengan strategi digital yang bagus.

Dengan digital marketing ini, pemasar bisa memanfaatkan promosi merek dalam terhubung dengan pelanggan potensial, menggunakan internet dan bentuk komunikasi digital yang lain. INi bukan hanya mencakup email, media sosial dan iklan berbasis web saja, tetapi juga pesan teks dan multimedia yang digunakan sebagai saluran pemasaran. Intinya, jika pemasaran itu melibatkan komunikasi digital, maka ini menjadi pemasaran digital.

Kenapa saat ini digital marketing di anggap penting? Memang hampir semua jenis pemasaran bisa membantu bisnis lebih berkembang, tetapi pemasaran digital ini menjadi semakin terasa penting karena kemudahan untuk mengakses saluran digital.

Dari media sosial sampai ke pesan teks, terdapat banyak cara dalam menggunakan taktik pemasaran digital untuk melakukan komunikasi dengan audiens target. Selain itu pemasaran digital memiliki biaya yang lebih sedikit, membuatnya menjadi teknik pemasaran yang hemat bagi usaha kecil.

Ada beberapa tipe dari digital marketing, mulai dari SEO (Search Engine Optimization), Content marketing, social media marketing, Pay-per-click marketing, Affiliate marketing, Native advertising, Influencer marketing, Marketing automation, Email marketing, hingga Mobile marketing.

Lalu apa keuntungan dari menggunakan digital marketing? Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan metode ini, yaitu Jangkauan geografis yang luas, Efisiensi biaya, Hasil terukur, Personalisasi lebih mudah, Lebih banyak koneksi dengan pelanggan, Konversi mudah dan nyaman, Cara membuat strategi pemasaran digital, Menentukan SMART (Setting specific, measurable, achievable, relevant, and timely), Identifikasi audiens kamu, Buat anggaran, Pilih saluran pemasaran digital kamu, Perbaiki upaya pemasaran kamu, hingga Pemasaran digital menciptakan pertumbuhan.