• Mei 11, 2024

Inggris Diramal Pangkas Suku Bunga mulai Agustus-September 2024

Ketua Bank of England Andrew Bailey mengatakan bahwa pihaknya perlu memperoleh lebih banyak bukti bahwa inflasi Inggris telah melambat sebelum menurunkan suku bunga.

Hal ini membuka jalan bagi penurunan suku bunga Inggris pada permulaan Juni mendatang.

Tapi Bailey memperingatkan pemotongan tersebut bukanlah suatu hal yang harus dikerjakan, dan bukan kesepakatan yang telah final.

Menurutnya, bulan Agustus atau September tampaknya yakni waktu yang paling memungkinkan untuk pemangkasan suku bunga BOE, terutamanya apabila inflasi Inggris turun sesuai sangkaan.

\\”Kemungkinan kita perlu menurunkan suku bunga bank pada kuartal mendatang dan lebih dari sangkaan pasar keuangan saat ini,\\” kata Bailey dalam sebuah konferensi pers.

Pemungutan Suara
Komite Kebijakan Moneter Inggris yang beranggotakan sembilan orang, yang menjalankan pemungutan suara mengenai suku bunga, tampaknya semakin dekat menuju penurunan suku bunga, dimana dua orang memberikan suara untuk menurunkan suku bunga dan tujuh sisanya memilih untuk mempertahankannya.

Sebelumnya, Bank of England telah memberikan pandangan yang lebih positif kepada prospek perekonomian Inggris dalam sangkaan terbarunya.

Inflasi Inggris diperkirakan segera turun ke sasaran bank sentral sebesar 2% dalam sebagian bulan mendatang, dan ekonomi tumbuh kisaran 0,4% pada kuartal pertama 2024 dan 0,2% pada April hingga Juni.

Kanselir Jeremy Hunt Sarankan BOE Tak Terburu-buru Pangkas Suku Bunga

Sementara itu, Kanselir Jeremy Hunt daftar joker123 mengatakan dia lebih merekomendasikan para pembuat kebijakan menunggu hingga mereka benar-benar yakin bahwa inflasi telah turun.

Tapi dia menambahkan bahwa sungguh-sungguh menggembirakan memandang \\”optimisme kongkret\\” dari Bailey untuk pertama kalinya.

Tapi Darren Jones, kepala sekretaris bayang-bayang Departemen Keuangan, mengatakan walaupun Bank of England memiliki hak independen untuk memastikan suku bunga, hal ini yakni kabar buruk bagi masyarakat yang harus mengontrol ulang hipotek mereka untuk tahun-tahun mendatang dengan harga yang lebih mahal.

Sudah Ada Kemajuan

Seperti dikenal, kondisi perekonomian Inggris telah menjadi sorotan karena kebijakan ekonomi kemungkinan akan menjadi medan pertempuran utama dalam upaya menerima suara pada pemilu mendatang, yang diperkirakan akan dikerjakan pada akhir tahun ini.

Ketika ditanyaapakah perekonomian telah mengalami perubahan, Bailey menjawab, \\”Seluruh bukti yang kami lihat yakni bahwa kita telah mengalami perubahan.\\”

Tapi dia memperingatkan bahwa hal itu bukanlah \\”pemulihan yang kuat\\”.